📢 Materi 10: Evaluasi Pembelajaran Etnomatematika dalam Budaya Lokal📢
Halo Mahasiswa hebat! 👋✨
Di materi ke sepuluh, kita akan belajar tentang Evaluasi Etnomatematika dalam Budaya Lokal. Pastinya, kalian sudah pernah mendapatkan materi tersebut di pelajaran sebelumnya, jadi ini saatnya untuk memperdalam pemahaman kalian! 📚💡 Caranya:
✅ Tonton video YouTube di bawah ini karena di dalamnya terdapat penjelasan lengkap tentang materi. 🎥👀
✅ Download bahan ajar dalam format PDF yang tersedia di deskripsi video. 📄⬇️
TONTON VIDEO PERTEMUAN 10 DI SINI !
✅ Kerjakan latihan soal yang berada pada bahan ajar yang sudah di download untuk mengasah pemahaman kalian. ✍️
✅ Kumpulkan tugas harian kalian dalam format PDF atau tulis tangan juga bisa kemudian di Scan PDF dan unggah ke link yang tersedia di bawah ini. 📤📎 dengan keterangan NAMA_TUGAS HARIAN PERTEMUAN 10 (UNTUK KEHADIRAN)
KUMPULKAN TUGAS HARIAN PERTEMUAN 10 UNTUK KEHADIRAN DI SINI !
📌 Jangan lupa! Pastikan semua tugas dikumpulkan tepat waktu. Semangat belajar dan tetap berusaha yang terbaik! 🚀🔥
Tugas Pertemuan ke Sebelas masing-masing kerjakan dalam bentuk PPT Canva atau PPT Biasa (PDF) ya 💪📖 ! dan akan di tagih pada pertemuan yang akan datang sebagai tugas individu
KUMPULKAN TUGAS KE 11 PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA LOKAL DI SINI !
PERTEMUAN 9 ETNOMATEMATIKA (Etno Berbasis Budaya Lokal)
PERTEMUAN 11 ETNOMATEMATIKA (Etnomatematika Permainan)
Etnomatematika (Evaluasi Pembelajaran Etnomatematika dalam Budaya Lokal)
Evaluasi pembelajaran etnomatematika dalam budaya lokal merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan menyeluruh. Evaluasi ini tidak hanya menilai pemahaman konsep matematika secara formal, tetapi juga bagaimana siswa mampu mengaplikasikan konsep tersebut dalam konteks budaya lokal yang menjadi fokus pembelajaran. Dengan demikian, evaluasi pembelajaran etnomatematika menjadi sangat penting untuk mengukur efektivitas integrasi budaya lokal dalam proses belajar matematika serta dampaknya terhadap pemahaman dan sikap siswa.
Tujuan Evaluasi Pembelajaran Etnomatematika adalah untuk:
Menilai tingkat penguasaan konsep matematika yang diajarkan melalui pendekatan budaya lokal.
Mengukur kemampuan siswa dalam mengaitkan dan menerapkan matematika pada konteks kehidupan nyata masyarakat setempat.
Memantau perkembangan keterampilan berpikir kritis, analisis, dan refleksi terhadap nilai budaya yang terkandung dalam materi pembelajaran.
Menilai sikap dan apresiasi siswa terhadap budaya lokal serta rasa bangga terhadap identitas budaya mereka.
Aspek-Aspek Evaluasi Pembelajaran Etnomatematika
Evaluasi pembelajaran etnomatematika perlu melibatkan beberapa aspek penting, antara lain:
Aspek Kognitif
Mengukur pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang telah diajarkan. Bentuk evaluasi kognitif bisa berupa tes tertulis, tugas proyek, atau presentasi yang menuntut siswa menjelaskan konsep matematis dan keterkaitannya dengan budaya lokal.Aspek Psikomotorik
Menilai keterampilan praktis siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang bersifat eksploratif, seperti melakukan pengukuran tradisional, membuat model bangun ruang dari kerajinan lokal, atau menyusun pola berdasarkan motif budaya.Aspek Afektif
Mengukur sikap, minat, dan apresiasi siswa terhadap budaya lokal serta kemauan mereka untuk melestarikan kearifan budaya melalui pembelajaran matematika. Penilaian afektif dapat dilakukan melalui observasi, wawancara, refleksi tertulis, atau jurnal belajar.Aspek Sosial
Menilai kemampuan siswa dalam bekerja sama, berdiskusi, dan menghargai pendapat teman serta narasumber budaya lokal dalam proses pembelajaran.
Metode Evaluasi yang Digunakan
Beberapa metode evaluasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran etnomatematika berbasis budaya lokal meliputi:
Tes Tertulis dan Lisan
Menguji pemahaman konsep dan kemampuan menjelaskan keterkaitan matematika dengan budaya.Portofolio
Mengumpulkan hasil kerja siswa selama proses pembelajaran, seperti laporan eksplorasi budaya, dokumentasi proyek, dan refleksi pribadi.Observasi
Melakukan pengamatan langsung terhadap keterlibatan dan sikap siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.Penilaian Diri dan Teman Sebaya
Mendorong siswa untuk menilai dirinya sendiri maupun teman dalam aspek kerja sama dan kontribusi terhadap pembelajaran.Proyek dan Presentasi
Memberikan tugas membuat proyek yang mengangkat unsur budaya lokal dan mempresentasikannya kepada kelas atau komunitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar