Post Page Advertisement [Top]

PERTEMUAN 8 ETNOMATEMATIKA (UJIAN TENGAH SEMESTER)

 



📢 Siap Menghadapi Ujian Tengah Semester? ðŸ“¢

Halo, mahasiswa pejuang akademik! 📚💪 Ujian Tengah Semester (UTS) sudah di depan mata. Saatnya menguji pemahamanmu dan menunjukkan yang terbaik!

✅ Persiapkan diri dengan baik
✅ Pelajari materi dengan tekun
✅ Jangan lupa berdoa dan tetap semangat!

🔽 Download soal UTS di sini: 

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER !

KUMPULKAN JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER DI SINI !

Semoga sukses dan lancar dalam mengerjakan ujian! 🎯✨


PINTASAN !

PERTEMUAN 7 ETNOMATEMATIKA (Etno Berbasis Budaya Lokal)

PERTEMUAN 9 ETNOMATEMATIKA (Etno Berbasis Budaya Lokal)


UJIAN TENGAH SEMESTER

Mata Kuliah: Etnomatematika
Waktu: 90 Menit
Petunjuk:

  1. Jawablah dengan jelas dan sistematis.

  2. Sertakan contoh nyata jika diminta.

  3. Tidak diperbolehkan membuka buku atau internet.

Bagian A: Pilihan Ganda (Setiap soal bernilai 5 poin)

Pilihlah jawaban yang paling benar!

  1. Istilah etnomatematika pertama kali diperkenalkan oleh:
    A. Alan Bishop
    B. Jean Piaget
    C. Ubiratan D’Ambrosio
    D. Howard Gardner

  2. Konsep etnomatematika mengacu pada:
    A. Pengajaran matematika dengan alat digital
    B. Penerapan matematika di bidang ekonomi
    C. Praktik matematika dalam konteks budaya tertentu
    D. Teori matematika abstrak dan murni

  3. Berikut yang bukan contoh praktik etnomatematika adalah:
    A. Penggunaan sistem bilangan lokal dalam perdagangan
    B. Perhitungan area dalam pertanian tradisional
    C. Penyelesaian integral dengan metode trapesium
    D. Pola simetri pada ukiran rumah adat

  4. Hubungan antara etnomatematika dan pembelajaran adalah:
    A. Etnomatematika menghambat pemahaman konsep formal
    B. Etnomatematika menggantikan kurikulum nasional
    C. Etnomatematika membuat pembelajaran lebih kontekstual
    D. Etnomatematika fokus pada penggunaan teknologi tinggi

  5. Tujuan utama pendekatan etnomatematika adalah:
    A. Menstandarkan matematika secara global
    B. Menyederhanakan logika matematika
    C. Menghubungkan matematika dengan konteks lokal dan budaya
    D. Mengurangi kompleksitas teori matematika

Bagian B: Esai Singkat (Setiap soal bernilai 10 poin)

Jawablah secara singkat, padat, dan jelas!

  1. Jelaskan secara ringkas pengertian etnomatematika menurut Ubiratan D’Ambrosio!

  2. Sebutkan tiga contoh praktik budaya lokal di daerah Anda yang mengandung unsur matematika.

  3. Mengapa penting memasukkan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah?

  4. Bagaimana keterkaitan antara konsep geometri dengan pola tenun tradisional?

  5. Jelaskan bagaimana guru dapat mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika!

Bagian C: Esai Panjang (Nilai 30 poin)

Pilih salah satu dari dua soal berikut dan jawab dengan uraian yang lengkap!

11A. Buatlah sebuah rencana pembelajaran sederhana yang mengintegrasikan konsep pecahan dengan praktik budaya lokal (contoh: pembagian hasil panen, pembagian makanan adat, dll). Jelaskan langkah-langkah pembelajaran, tujuan, dan evaluasinya.

ATAU

11B. Anda ditugaskan mengeksplorasi unsur etnomatematis dalam rumah adat atau benda budaya lokal. Ceritakan proses eksplorasi Anda, konsep matematis yang ditemukan, serta bagaimana hal itu dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]