Post Page Advertisement [Top]

PERTEMUAN 16 ETNOMATEMATIKA (UJIAN AKHIR SEMESTER)

  


📢 Siap Menghadapi Ujian Akhir Semester? ðŸ“¢

Halo, mahasiswa pejuang akademik! 📚💪 Ujian Akhir Semester (UAS) sudah di depan mata. Saatnya menguji pemahamanmu dan menunjukkan yang terbaik!

✅ Persiapkan diri dengan baik
✅ Pelajari materi dengan tekun
✅ Jangan lupa berdoa dan tetap semangat!

🔽 Download soal UAS di sini: 

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER !

KUMPULKAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER DI SINI !

Semoga sukses dan lancar dalam mengerjakan ujian! 🎯✨

PINTASAN !

PERTEMUAN 15 ETNOMATEMATIKA (Etnomatematika Permainan)

RPS ETNOMATEMATIKA



UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

Mata Kuliah: Etnomatematika

Durasi: 90 menit

Petunjuk:

  • Jawablah semua soal dengan jelas dan lengkap.

  • Gunakan contoh atau ilustrasi yang relevan untuk mendukung jawabanmu.

  • Jawaban boleh berupa uraian, analisis, atau pemecahan masalah sesuai dengan soal.

Soal Pilihan Ganda (Pilih satu jawaban yang paling tepat)

  1. Apa pengertian etnomatematika?
    a. Studi matematika yang hanya berlaku dalam budaya Barat
    b. Studi hubungan antara matematika dan budaya masyarakat
    c. Matematika modern yang diajarkan di sekolah
    d. Matematika yang tidak memiliki aplikasi nyata

  2. Unsur matematika manakah yang biasanya terdapat dalam permainan tradisional congklak?
    a. Pola dan operasi hitung
    b. Trigonometri dan kalkulus
    c. Statistik dan peluang
    d. Matematika abstrak

  3. Dalam konteks pembelajaran, tujuan utama dari etnomatematika adalah:
    a. Mengganti seluruh kurikulum matematika dengan budaya lokal
    b. Menjadikan matematika lebih relevan dan bermakna bagi siswa
    c. Menghapuskan matematika modern
    d. Mengajarkan budaya tanpa kaitan dengan matematika

Soal Essay (Jawab dengan uraian lengkap)

  1. Jelaskan konsep dasar etnomatematika dan bagaimana hubungan antara matematika dan budaya dapat memperkaya pemahaman matematika siswa!

  2. Berikan contoh nyata bagaimana etnomatematika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah!

  3. Analisis peran permainan tradisional sebagai media pembelajaran etnomatematika dan sebutkan minimal dua manfaatnya bagi siswa!

  4. Bagaimana cara guru mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa? Jelaskan dengan lengkap!

  5. Diskusikan keterkaitan antara etnomatematika dan teori matematika modern. Apakah kedua konsep tersebut saling bertentangan atau saling melengkapi? Jelaskan!

Soal Studi Kasus

  1. Seorang guru ingin mengajarkan konsep bilangan dan operasi hitung dengan menggunakan permainan tradisional dakon. Buatlah rencana pembelajaran singkat yang mengintegrasikan etnomatematika dan jelaskan langkah-langkah pelaksanaannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]